Jumat, 19 Maret 2010

BAB V KESIMPULAN DAN SARAN

BAB V
SIMPULAN DAN SARAN
A. Simpulan
Dari hasil penelitian terhadap 55 orang ibu nifas berdasarkan pembahasan mengenai gambaran pengetahuan ibu nifas tentang senam nifas di Wilayah Puskesmas Karang tengah Kabupaten Sukabumi bulan September 2009 dapat disimpulkan sebagai berikut :
1. Distribusi pengetahuan ibu nifas tentang senam nifas dengan pengetahuan baik berada pada kelompok umur 20-35 tahun sedangkan yang berpengetahuan cukup dan kurang sebagian besar berada pada kelompok umur <20 tahun dan > 35 tahun.
2. Distribusi pengetahuan ibu nifas berdasarkan pendidikan sebagian besar memiliki pengetahuan baik dan cukup pada tingkat pendidikan SLTP, SLTA, dan PT, sedangkan yang memiliki pengetahuan kurang rata-rata dengan pendidikan SD dan Tidak Sekolah.
3. Distribusi pengetahuan ibu nifas tentang senam nifas berdasarkan pekerjaan ternyata tidak ada perbedaan anta ibu yang bekerja maupun tidak bekerja.
4. Distribusi pengetahuan ibu nifas berdasarkan paritas menunjukan bahwa tingkat pengetahuan ibu yang baik berada pada kelompok paritas 2-4 kali.
5. Dari 55 orang ibu nifas yang diteliti mayoritas memiliki pengetahuan cukup dan kurang, sedangkan sebagian kecil yang memiliki pengetahuan baik.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian ini, maka saran yang dapat disampaikan adalah:
1. Untuk Puskesmas
a. Meningkatkan cakupan linakes agar pentingnya senam nifas dapat diketahui oleh ibu sehabis melahirkan.
b. Meningkatkan pemberian informasi atau penyuluhan tentang senam nifas oleh tenaga kesehatan kepada ibu nifas.
c. Diharapkan meningkatkan pelayanan kesehatan sesuai hasil penelitian.
2. Untuk Institusi Pendidikan
Berdasarkan hasil penelitian gambaran pengetahuan ibu tentang senam nifas di Wilayah Puskesmas Karang tengah masih kurang, maka diharapkan mengadakan penelitian lebih lanjut tentang senam nifas bagi peneliti berikutnya dengan metode dan variabel yang lebih kompleks, misalnya hubungan tingkat pengetahuan ibu dengan pelaksanaan senam nifas atau faktor –faktor yang mempengaruhi pelaksanaan senam nifas.
3. Bagi Peneliti
Sebagai petugas kesehatan diwilayah Puskesmas Karang tengah dengan hasil penelitian ini akan lebih meningkatkan kunjungan dan pelayanan kepada ibu nifas, agar pentingnya senam nifas lebih diketahuai dan dilaksanakan oleh ibu - ibu nifas.
4. Bagi Ibu Nifas
Setelah diberikan penyuluhan tentang senam nifas diharapkan mengerti dan melaksanakan senam nifas .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar